SENTILAN RINGAN SARAT INSPIRASI

Minggu, 09 Agustus 2015

Jodoh di 'Tangan' Media Sosial

Masih ingat dengan cerita Gepeng -- di edisi Selasa, 4 Agustus 2015 -- yang penasaran dengan Novi, perempuan yang dikenalkan di sosial media pertemanan WeChat? Ya, sekedar mengingatkan, saat itu Gepeng penasaran karena Novi belum juga mau ditemui secara offline (baca: ketemu langsung), dengan berbagai alasan, meski sudah sekian lama berkomunikasi melalui chatting.

Nah, kalau anda menduga Gepeng -- asisten, yang sering saya sebut di status BBM saya -- akan kecewa dan mengalami 'sad ending' karena foto yang dikirim Novi lebih indah dari wajah aslinya, adalah salah besar. Karena seperti yang dituturkan Gepeng setelah ketemu Novi untuk pertama kalinya di suatu rumah makan kawasan timur Jakarta, "Luar biasa Pak Prie, ternyata Novi itu mungil dan wajahnya lebih muda dari yang nampak di foto. Dia janda tanpa anak. Ngobrolnya asyik banget, saya nyambung pokoknya."

Memang, saya tidak tanyakan, cantik mana Novi yang ada pada 6 foto -- yang dikirim ke Gepeng via WhatsApp -- atau yang ditemui langsung itu. Namun, ketika saya bilang ke Gepeng jangan-jangan yang ditemui itu orangnya beda dengan yang difoto, Gepeng langsung menukas, "Sama Pak Prie. Saya kan sudah tandai ada tahi lalat yang diatas bibirnya itu, sama koq. Cuma yang difoto itu tidak pakai jilbab, sedang tadi ketemu saya dia memakai jilbab." Hehehe..., ya sudahlah, memang repot bicara dengan orang yang lagi kasmaran, dimatanya semua serba indah saja.

Dan cerita Gepeng, yang kini nampak lebih bergairah dan semangat, tidak sampai disitu saja. Pertemuan dengan Novi sudah berlangsung 4-5 kali, itupun masih ditambah intensitas komunikasi via telepon yang hampir tiap hari. Bahkan beberapa kali Gepeng komunikasi dengan keluarga besar Novi, juga melalui telepon. Dan tadi malam, layaknya biasa menemani saya menulis -- sambil memberikan gelas kopi susu hangat yang kedua kalinya -- Gepeng menyampaikan kabar gembira pada saya, "Pak, kalau tidak ada halangan, akhir tahun ini saya diajak Novi ke orangtuanya di Tasikmalaya, minta dilamar."

Begitulah, melalui alur yang berliku bak cerita sinetron, Gepeng telah menemukan tambatan hatinya melalui sosial media. Dan tentu saja Gepeng cuma satu dari ratusan -- atau bahkan ribuan -- pasangan yang sukses merajut kasih melalui fasilitas sosial media, entah itu yang khusus untuk pertemanan dan 'mencari orang' seperti WeChat dan Badoo, atau yang umum seperti Facebook misalnya.

Cuma, kalau mau sedikit menelusuri, tidak selamanya ada 'kejujuran' dalam forum pertemanan dan perjodohan di sosial media. Apalagi kalau tujuannya untuk mencari jodoh serius. Yang sering terungkap, banyak kamuflase dan kepura-puraan -- baik dalam bentuk status palsu maupun foto-foto palsu -- yang bertebaran di dunia maya tersebut, yang tujuannya tentu saja demi 'keuntungan pribadi' dan menjurus modus. Persis seperti membeli kucing dalam karung. Kita hanya diperlihatkan chasing yang bagus, tanpa pernah mendapat kesempatan untuk melihat dalamannya.

Kalau toh akhirnya ada juga yang 'jadian' dan berlanjut ke jenjang yang lebih serius, tentu ini sebuah pengecualian dan 'keberuntungan' dari sebuah usaha dan kerja keras. Benar, kerja keras secara individu, untuk menggali informasi sedetail mungkin dengan cara meningkatkan intensitas komunikasi -- kalau perlu ketemu langsung sesering mungkin -- seperti yang sudah ditunjukkan oleh Gepeng diatas.

Tentunya, ini bisa juga disebut fenomena menarik dari dunia maya. Kalau dulu perjodohan lebih banyak ditentukan oleh peran orang tua, nyatanya kini dunia maya -- lebih spesifik: sosial media -- telah mengambil peran tersebut. Tidak salah juga kalau (akhirnya) ada guyonan yang mengatakan 'jodoh ditangan sosial media', karena memang demikianlah adanya. Ada yang ingin coba-coba?
Share:

0 komentar:

Page View

Translate

Mas Prie

Mas Prie
Aku suka menulis sejak SD. Bahkan, ketika sudah berkeluarga -- dan dikaruniai 3 orang putra putri -- hobi menulis tetap aku lakukan. Sebagai wiraswasta yang tinggal di Bogor, aku sangat menikmati dunia tulis menulis ini.

Popular Posts

Cari di Blog Ini

@SUGENG PRIBADI. Diberdayakan oleh Blogger.

Buku Tamu

Statistik Blog

  • SEO Stats powered by MyPagerank.Net
  • Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net My Ping in TotalPing.com

    "LIKE" Blog ini

    Pengikut

    Follow by Email

    Copyright © Secangkir Teh Mas Prie | Powered by Blogger Design by PWT | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com