SENTILAN RINGAN SARAT INSPIRASI

Minggu, 02 Agustus 2015

Gara-gara El Nino, Bogor Minta Hujan

Lho, koq hari ini pilihan judulnya mirip-mirip koran Pos Kota atau Memorandum ya? Apa pagi ini minum teh sambil baca koran itu, jadi terpengaruh saat bikin tulisan? Enggaklah, apa arti sebuah judul. Untuk variasi saja, biar gak jenuh dengan judul yang 'standar' rubrik ini. Apalagi hari minggu, biasanya malas untuk baca-baca, jadi perlu diberi judul yang agak beda. Setuju kan?

Ya benar, kota Bogor -- ini masuk provinsi Jawa Barat -- yang sejak jaman Belanda mendapat sebutan 'Kota Hujan' minggu lalu diberitakan masyarakatnya mengadakan sholat Istisqa' yang bertujuan untuk minta hujan turun. Koq kota Hujan minta hujan? Apa Bogor yang berlimpah hujan sepanjang waktu masih kekurangan hujan juga, serakah banget?

Sebenarnya, untuk saat ini, sudah kurang relevan kalau Bogor masih disebut kota hujan. Karena, sepenglihatan saya, Bogor dalam beberapa tahun belakangan tidaklah seperti 20 tahun silam -- ketika secara rutin tiap akhir pekan saya harus 'pulang' ke kota ini -- yang hampir tiap hari diguyur hujan ringan disertai udara yang sangat sejuk. Apalagi pohon-pohon besar disepanjang kiri kanan jalan dan rumah berarsitektur Belanda yang tetap dipertahankan membuat Bogor benar-benar khas kota untuk beristirahat dan berlibur.

Saat ini, tidak beda dengan kota lain di Indonesia, Bogor juga berkembang pesat. Mulai dari menjamurnya ruko-ruko, rumah hunian berubah fungsi jadi distro dan cafe, sampai bermunculan mall dan hotel-hotel baru, disertai juga kemacetan lalu lintas yang luar biasa. Entah dampak pembangunan sektor ekonomi perdagangan yang begitu pesat tadi, atau karena dampak global warming, nyatanya Bogor sudah tidak sejuk dan nyaman lagi, dan hujanpun tidak lagi turun setiap waktu. Yang bikin miris, sungai yang membelah Kebun Raya Bogor juga sudah hampir tak berair lagi. Padahal ini salah satu icon kota Bogor.

Yang pasti, 'kekeringan' dan kemarau panjang yang melanda kota Bogor saat ini -- dan juga wilayah lain di Indonesia -- salah satunya adalah dampak dari El Nino. Sekedar tahu, El Nino adalah gejala penyimpangan kondisi laut yang ditandai dengan meningkatnya suhu permukaan laut di Samudera Pasifik sekitar equator. Oleh karena lautan dan atmosfer adalah dua sistem yang terhubung, penyimpangan kondisi laut itu menimbulkan penyimpangan pada kondisi atmosfer sehingga mengakibatkan penyimpangan iklim.

Nah, musim kemarau yang panjang di beberapa wilayah Indonesia pada tahun 2015 ini, diduga merupakan dampak dari fenomena El Nino yang mencapai level moderat. Keadaan ini diprediksi menguat mulai Agustus sampai Desember 2015, yang akan mengakibatkan kekeringan berkepanjangan di Jawa, Sulawesi, Lampung, Bali, NTB & NTT.

Tentu sebagai bagian dari masyarakat yang tinggal di wilayah Indonesia -- bukan hanya Bogor, seperti saya -- menghadapi musim kemarau berkepanjangan ini (salah satu yang bisa dilakukan) adalah bersikap lebih arif dalam memanfaatkan sumber alam, misalnya dengan menggunakan air lebih efektif dan seperlunya saja. Karena kalau toh kita aman-aman saja dengan kondisi ini, tapi tidak demikian dengan saudara-saudara kita yang tinggal di wilayah lain di Indonesia. Kepekaan dan kepedulian sosial kita lebih diperlukan untuk saat ini.


Peran pemerintah? Ya Alhamdulillah hari Jumat kemarin (31/7/2015) bapak Presiden sudah memerintahkan segenap jajarannya untuk mengambil langkah penyelamatan maksimal terhadap mereka yang terkena dampak kemarau berkepanjangan ini. Kita tinggal bersama-sama mengawasi, dijalankan apa tidak 'instruksi' Pak Jokowi ini. Gampang kan?
Share:

0 komentar:

Page View

Translate

Mas Prie

Mas Prie
Aku suka menulis sejak SD. Bahkan, ketika sudah berkeluarga -- dan dikaruniai 3 orang putra putri -- hobi menulis tetap aku lakukan. Sebagai wiraswasta yang tinggal di Bogor, aku sangat menikmati dunia tulis menulis ini.

Popular Posts

Cari di Blog Ini

@SUGENG PRIBADI. Diberdayakan oleh Blogger.

Buku Tamu

Statistik Blog

  • SEO Stats powered by MyPagerank.Net
  • Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net My Ping in TotalPing.com

    "LIKE" Blog ini

    Pengikut

    Follow by Email

    Copyright © Secangkir Teh Mas Prie | Powered by Blogger Design by PWT | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com