SENTILAN RINGAN SARAT INSPIRASI

Sabtu, 08 Agustus 2015

Akhir Pekan, Kenapa Mesti ke Puncak?

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, mendengar nama Puncak -- ini nama daerah wisata dataran tinggi yang berada di wilayah Kabupaten Bogor -- pasti yang terbayang adalah sebuah kemacetan yang parah. Tapi anehnya, meski sudah tahu (akan) terkena macet, sampai saat ini masih saja Puncak didatangi sebagai tujuan berlibur akhir pekan, terutama para pelancong lokal yang mayoritas ber-plat mobil B.

Bukan hal luar biasa, kalau setiap akhir pekan -- sejak hari jumat sore -- lalu lintas di jalan bebas hambatan arah Bogor sudah dipenuhi mobil yang rela antri panjang, sejak pintu tol Cibubur. Meski tidak seluruhnya, tapi bisa dipastikan sebagian besar dari kendaraan tersebut mempunyai tujuan yang sama, yaitu kawasan Puncak. Volume kendaraan akan bertambah besar saat memasuki hari sabtu, dan mencapai puncaknya di hari minggu pagi.

Dipilihnya Puncak sebagai tempat refreshing akhir pekan, tentu banyak alasan. Tetapi muaranya tetap sama, suasana alam pegunungan dan udara segar adalah alasan kuat -- utamanya bagi warga Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi dan sekitarnya, yang memang berdataran rendah dengan suhu udara yang panas -- untuk melepas penat setelah sepekan penuh beraktifitas.

Tak ubahnya seperti kota wisata Batu di Malang, Kaliurang di Yogyakarta, atau Lembang di Bandung, yang menjadi ikon wisata pegunungan di kota tersebut, kawasan Puncak juga banyak menawarkan obyek wisata -- mulai dari wisata alam sampai wisata kuliner -- yang semuanya representasi dari wisata yang diperuntukkan keluarga.

Boleh dikatakan Puncak sangat memanjakan penggemar wisata kuliner, karena mulai dari warung sampai saung, restoran sampai cafe, masakan khas sunda sampai nusantara, masakan timur tengah sampai eropa, semua ada dan buka rata-rata 24 jam. Dan tentu saja, yang menjadi penunjang utama Puncak, makin menjamurnya cotage, wisma, villa (baik milik pribadi maupun yang disewakan) sampai hotel berbintang, bertebaran di jalan utama sampai pelosok perkampungan, di sepanjang jalur Puncak - Cianjur.

Untuk obyek wisata, sebagai contoh, sebut saja Taman Wisata Matahari dan Taman Safari di Cisarua. Dua obyek wisata yang tidak berjauhan ini mampu menyedot puluhan ribu pengunjung setiap pekannya. Kemudian, ada wisata alam Perkebunan Teh Gunung Mas, yang menawarkan kegiatan outbound dan tea-walk. Juga, kawasan Puncak Pass, yang menawarkan sensasi luar biasa suhu udara, angin dan kabutnya saat berada di 'puncak ketinggian' kawasan Puncak ini. Dan jangan lupa pula, Taman Bunga Nusantara di Cipanas, yang menawarkan koleksi aneka bunga dari seluruh tanah air dengan areal sangat luas. Tentu, itu baru beberapa contoh saja.

Setidaknya, sedikit paparan diatas bisa menggambarkan, bahwa tidaklah berlebih kalau Puncak -- sampai saat ini -- tetap menjadi primadona dan magnet bagi wisatawan lokal untuk datang di akhir pekan. Kemacetan yang sudah terasa (bahkan kadang-kadang benar-benar) macet total sejak keluar tol Ciawi, ditambah penerapan lalu lintas buka tutup pagi dan sore, toh tetap tidak menyurutkan orang untuk datang ke Puncak.

Mungkin -- seperti halnya tradisi mudik -- bagi sebagian besar para pengunjung, kawasan Puncak layaknya sebuah kampung halaman. Macet berjam-jam selama perjalanan (seperti) tidak lagi terasa, begitu sampai di tempat tujuan. Padahal, arus baliknya pun setali tiga uang, harus rela macet dan nunggu 'jam turun' karena arus buka tutup.


Lagi-lagi ini menunjukkan bahwa datang ke Puncak bukanlah 'siksaan' dan membuat kapok untuk kembali lagi. Buktinya, meski sudah pernah ada himbauan untuk menghindari jalur Puncak di akhir pekan, toh tetap tak ada yang menghiraukan. Hmmm.., jangan-jangan, termasuk anda juga?
Share:

0 komentar:

Page View

Translate

Mas Prie

Mas Prie
Aku suka menulis sejak SD. Bahkan, ketika sudah berkeluarga -- dan dikaruniai 3 orang putra putri -- hobi menulis tetap aku lakukan. Sebagai wiraswasta yang tinggal di Bogor, aku sangat menikmati dunia tulis menulis ini.

Popular Posts

Cari di Blog Ini

@SUGENG PRIBADI. Diberdayakan oleh Blogger.

Buku Tamu

Statistik Blog

  • SEO Stats powered by MyPagerank.Net
  • Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net My Ping in TotalPing.com

    "LIKE" Blog ini

    Pengikut

    Follow by Email

    Copyright © Secangkir Teh Mas Prie | Powered by Blogger Design by PWT | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com